Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Bahasa Inggris Complaining Letters karena Keterlambatan dalam Pengiriman Barang

Pembeli adalah raja. Istilah seperti ini tentu sudah sering kita dengar bukan? Para penjual memang seringkali tak ingin mengecewakan para pembeli atau pelanggannya. Karenanya, para penjual ini akan berupaya sebaik mungkin agar dapat melayani pembeli atau pelanggannya.

Untuk mencapai kepuasan pelanggan, para penjual akan mengupayakan berbagai cara yang bisa menghindari rasa kecewa dari pelanggan. Namun, meski telah berupaya sedemikian rupa, ada kalanya pembeli tetap akan mengeluh pada penjual.

Keluhan pelanggan bisa disebabkan oleh berbagai alasan, salah satunya adalah karena keterlambatan dalam pengiriman barang. Karena adanya suatu hal yang tidak disukai pelanggan seperti ini, maka pelanggan atau pembeli akan mengungkapkan ketidakpuasan atas transaksi yang dilakukan terhadap penjual.

Untuk menyampaikan keluhan, pelanggan bisa membuat surat pengaduan atau surat keluhan. Dalam menyampaikan surat keluhan ini, pembeli harus mengungkapkannya secara jelas, sopan dan langsung pada tujuannya.

Selain itu, pembeli juga perlu mempermudah proses penangangan surat keluhan ini bagi penjual. Caranya, pembeli perlu mencantumkan nomor pesanan, jenis barang, tanggal penerimaan barang, keluhan dan lainnya yang dirasa penting dan perlu disampaikan.
Kali ini, kita akan belajar membuat surat keluhan dalam bahasa Inggris, atau yang biasa disebut sebagai complaining letters. Surat keluhan bahasa Inggris atau complaining letters ini biasanya menggunakan bahasa opening paragraph dan closing paragraph yang standar. Berikut contoh opening paragraph dan closing paragraph pada surat keluhan bahasa Inggris untuk keterlambatan dalam penerimaan barang.

Contoh Opening Paragraph Complaining Letters
  • The goods we ordered from you on …. Should have reached us two weeks ago.
Barang -barang yang kami pesan dari Saudara pada … seharusnya sudah tiba pada kami dua minggu yang lalu.

  • The goods we ordered from you on … have not yet been delivered.
Barang -barang yang kami pesan dari Saudara tanggal … belum dikirimkan.

  • We regret having to report that we have not yet received the goods we ordered on ….
Kami menyesal karena terpaksa mengabarkan bahwa kami belum menerima barang -barang yang kami pesan pada tanggal …

Contoh Closing Paragraph Complaining Letters
  • We shall be glad if you will look into the matter at once and let us know the reason for the delay.
Kami sangat senang apabila Saudara berkenan menyelidiki permasalahan ini dan segera memberitahu kami alasan penundaannya.

  • We feel there must be some explanation of the delay and await for your reply.
Kami merasa bahwa harus ada suatu penjelasan atas keterlambatannya dan kami menunggu balasan Saudara.

PT. PUNAKAWAN INTERNATIONAL
Jalan Arjuna Wiwaha B1 No 55
Banjarmasin, Kalimantan Selatan
------------------------------------------------------------------------
15th October, 2016

Mr. Smith Hegel
Marketing Manager
PT. Light Electronic Ltd.
11 Jln. Bhayangkara Pusat
Bangka

Dear Mr. Hegel,

We have regret to have to complain about late delivery of the Solar Panel we ordered from you on 7 September. Although you had given guarantee in delivery within 30 days, we didn’t receive them until yesterday.

Unfortunately, there has been a similar delay on the previous occasion and this compels us to say that business between us cannot be continued in such a bad condition.

We have felt it necessary to make our feelings known since we cannot give reliable delivery dates to our customers unless we can count on undertakings given by our suppliers.

We hope you will understand how we are placed and that from now we can rely upon punctual completion of our orders.

Yours sincerely,

TTD

Rangga Hadika

Purchase Manager