Surat Bahasa Inggris Complaining Letters karena Keterlambatan dalam Pengiriman Barang
Pembeli adalah raja. Istilah seperti ini tentu sudah sering
kita dengar bukan? Para penjual memang seringkali tak ingin mengecewakan para
pembeli atau pelanggannya. Karenanya, para penjual ini akan berupaya sebaik
mungkin agar dapat melayani pembeli atau pelanggannya.
Untuk mencapai kepuasan pelanggan, para penjual akan
mengupayakan berbagai cara yang bisa menghindari rasa kecewa dari pelanggan.
Namun, meski telah berupaya sedemikian rupa, ada kalanya pembeli tetap akan
mengeluh pada penjual.
Keluhan pelanggan bisa disebabkan oleh berbagai alasan,
salah satunya adalah karena keterlambatan dalam pengiriman barang. Karena
adanya suatu hal yang tidak disukai pelanggan seperti ini, maka pelanggan atau
pembeli akan mengungkapkan ketidakpuasan atas transaksi yang dilakukan terhadap
penjual.
Untuk menyampaikan keluhan, pelanggan bisa membuat surat
pengaduan atau surat keluhan. Dalam menyampaikan surat keluhan ini, pembeli harus
mengungkapkannya secara jelas, sopan dan langsung pada tujuannya.
Selain itu, pembeli juga perlu mempermudah proses
penangangan surat keluhan ini bagi penjual. Caranya, pembeli perlu mencantumkan
nomor pesanan, jenis barang, tanggal penerimaan barang, keluhan dan lainnya
yang dirasa penting dan perlu disampaikan.
Kali ini, kita akan belajar membuat surat keluhan dalam
bahasa Inggris, atau yang biasa disebut sebagai complaining letters.
Surat keluhan bahasa Inggris atau complaining letters ini biasanya menggunakan
bahasa opening paragraph dan closing paragraph yang standar.
Berikut contoh opening paragraph dan closing paragraph pada surat
keluhan bahasa Inggris untuk keterlambatan dalam penerimaan barang.
Contoh Opening Paragraph Complaining Letters
- The goods we ordered from you on …. Should have reached us two weeks ago.
Barang -barang yang kami pesan
dari Saudara pada … seharusnya sudah tiba pada kami dua minggu yang lalu.
- The goods we ordered from you on … have not yet been delivered.
Barang -barang yang kami pesan
dari Saudara tanggal … belum dikirimkan.
- We regret having to report that we have not yet received the goods we ordered on ….
Kami menyesal karena terpaksa
mengabarkan bahwa kami belum menerima barang -barang yang kami pesan pada
tanggal …
Contoh Closing Paragraph Complaining Letters
- We shall be glad if you will look into the matter at once and let us know the reason for the delay.
Kami sangat senang apabila
Saudara berkenan menyelidiki permasalahan ini dan segera memberitahu kami alasan
penundaannya.
- We feel there must be some explanation of the delay and await for your reply.
Kami merasa bahwa harus ada suatu
penjelasan atas keterlambatannya dan kami menunggu balasan Saudara.
PT. PUNAKAWAN
INTERNATIONAL
Jalan Arjuna Wiwaha
B1 No 55
Banjarmasin,
Kalimantan Selatan
------------------------------------------------------------------------
15th October, 2016
Mr. Smith Hegel
Marketing Manager
PT. Light Electronic Ltd.
11 Jln. Bhayangkara Pusat
Bangka
Dear Mr. Hegel,
We have regret to have to complain about late delivery of
the Solar Panel we ordered from you on 7 September. Although you had given
guarantee in delivery within 30 days, we didn’t receive them until yesterday.
Unfortunately, there has been a similar delay on the
previous occasion and this compels us to say that business between us cannot be
continued in such a bad condition.
We have felt it necessary to make our feelings known since
we cannot give reliable delivery dates to our customers unless we can count on
undertakings given by our suppliers.
We hope you will understand how we are placed and that from
now we can rely upon punctual completion of our orders.
Yours sincerely,
TTD
Rangga Hadika
Purchase Manager