Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris untuk Jual Beli Tanah/ Rumah

Proses jual beli tanah atau rumah membutuhkan dokumen dan prosedur yang cukup banyak. Apalagi, jika tanah yang dijual merupakan warisan. Jika kita melakukan jual beli tanah atau rumah warisan, dibutuhkan persetujuan atau keterlibatan dari seluruh ahli waris. Seluruh ahli waris dapat hadir dalam proses jual beli tanah di notaris, atau bisa juga menguasakannya kepada pihak lain. 

Untuk mempermudah proses jual beli tanah, biasanya proses ini diwakilkan pada salah seorang saja, dan yang lain tinggal memberikan kuasa. Untuk bisa dikuasakan, dibutuhkan surat kuasa ahli waris. Surat kuasa ahli waris dapat menjadi pegangan untuk memproses tanah atau rumah warisan secara legal. 

Adapun beberapa poin yang harus ada dalam surat kuasa ahli waris tersebut, meliputi:

1. Nama dan identitas lengkap para ahli waris yang memberi kuasa

2. Nama dan identitas lengkap ahli waris yang diberi kuasa

3. Deskripsi jenis kuasa yang diberikan, yang ditulis secara jelas dan tegas, misalnya menjual rumah  atau tanah atau menghibahkannya, dan lain-lain.

4. Deskripsi jenis harta kekayaan yang akan dikuasakan pengurusannya, yang juga ditulis secara jelas dan tegas, misalnya jika berupa tanah maka harus dijelaskan luas dan batas-batas tanah tersebut serta status kepemilikannya.

5. Tanggal dan tempat penandatanganan surat kuasa.

6. Tanda tangan para pemberi kuasa.

Agar lebih jelas, Anda bisa melihat contoh surat kuasa ahli waris untuk jual beli tanah berikut ini.

Baca juga: Contoh Surat Perintah dalam Surat Dinas

Contoh surat kuasa ahli waris untuk jual beli

x