Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Permohonan Kredit

Untuk mendirikan suatu perusahaan pada dasarnya memang tidak mudah. Apalagi, untuk mendirikan perusahaan dengan skala yang besra dan dengan modal besar. Sebagian besar perusahaan umumnya menjalankan bisnisnya dengan dana pinjaman atau kredit.

Untuk itu, suatu perusahaan perlu mengajukan suatu surat permohonan kredit. Untuk membuat surat permohonan kredit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar maksud dari surat tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Surat permohonan kredit ini harus diperhatikan secara serius dan isinya harus mampu menguraikan secara jelas mengenai prospek bisnis serta gambaran kemampuan perusahaan untuk mengembalikan kredit tersebut tepat pada waktunya.

Baca juga: Contoh Surat Bisnis Bahasa Inggris Making an Appointment

Surat Permohonan Kredit termasuk Jenis Surat Direct Request

Jenis surat direct request atau permintaan langsung merupakan bentuk pesan bisnis yang berkaitan dengan kegiatan bisnis sehari-hari yang bersifat rutin, menarik dan diorganisasikan dengan pendekatan langsung.

Pada umumnya, pesan rutin, berita baik serta pesan yang berniat baik cukup menarik bagi penerima karena berisi informasi penting untuk melakukan bisnis sehari-hari. Pesan yang tidak memerlukan taktik atau persuasi khusus sebaiknya disusun dengan pendekatan yang langsung atau deduktif.

Pesan berupa direct request ini salah satu contohnya adalah surat permohonan kredit. Selain surat permohonan kredit, bentuk bentuk direct request yang lainnya meliuti : surat permintaan untuk pihak internal seperti memo, surat permintaan untuk pihak eksternal seperti surat pesanan dan klaim, surat permohonan kredit, dan surat undangan.

Dalam penulisan surat yang berupa direct request ini secara umum adalah : pembukaan, penjelasan rinci dan penutup. Agar lebih jelasnya, dapat dilihat pada contoh surat permohonan kredit berikut ini.

Baca juga: Jenis Jenis Surat Dinas

Contoh surat permohonan kredit


PT SOLO NUSA UTAMA
Jalan Teratai Putih No. 11, Sukoharjo, Telepon 0271 999999 – Fax 0271 999998
----------------------------------------------------------------------

No       : 012/SNU/I/2016                               Sukoharjo, 20 Januari 2016
Lam     : 1 (satu) set gabung   
Hal      : Permohonan Kredit                           Kepada
Bank Harta Kaya
Jalan Mawar Berduri No. 99
Sukoharjo

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama   : Handoyo Sastro
Jabatan            : Direktur Utama PT Solo Nusa Utama
Alamat            : Jalan Teratai Putih No. 11, Sukoharjo
Dnegan ini mengajukan permohonan kredit untuk tujuan perluasan usaha sebesar Rp 800.000.000 (delapan ratus juta rupiah) dnegan jangka waktu 8 (delapan) tahun.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan :
1.      Akta pendirian perusahaan
2.      Surat izin usaha
3.      Neraca per 31 Desember 2015
4.      Laporan laba (rugi) periode 1 Januari s/d 31 Desember 2015
Demikian permohonan ini kamu ajukan. Atas perhatian yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Pemohon,
PT Solo Nusa Utama

Handoyo Sastro
Direktur