Surat Bahasa Inggris Complaining Letters karena Barang yang Diterima Rusak
Bagi para penjual, mengecewakan pembeli bukanlah hal yang
diinginkan. Sebisa mungkin, para penjual akan melakukan yang terbaik agar para
pembeli atau pelanggannya bisa merasa puas, baik terhadap produk maupun
pelayanannya.
Sebab, kepuasan pelanggan bisa menjadi tolok ukur bahwa si
penjual sukses dalam menjual produknya pada konsumen. Ketika konsumen puas,
maka hal ini pun juga sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha dan penjualan
berikutnya.
Konsumen bisa menjadi pelanggan tetap yang akan membeli
produknya secara berkelanjutan, atau bahkan ikut merekomendasikan produk yang
kita jual kepada rekan -rekannya yang lain. Hal ini, tentu sangat menguntungkan
bagi pihak penjual bukan?
Sayangnya, berbagai upaya yang dilakukan untuk memuaskan
pelanggan kadang bisa terganjal. Salah satunya karena adanya barang yang rusak
ketika diterima konsumen. Jika barang rusak ketika sampai di tangan konsumen
dan tidak bisa digunakan, maka tentu konsumen akan merasa kecewa.
Jika hal ini terjadi, biasanya pembeli atau konsumen akan
melayangkan pengaduan atau keluhan. Keluhan ini bisa disampaikan melalui surat
keluhan atau surat pengaduan atau bila dalam bahasa Inggris sering disebut
sebagai complaining letters.
Surat pengaduan atau surat keluhan dari pembeli harus dibaut
dengan jelas, langsung pada tujuan dan tetap sopan. Selain itu, dalam surat
keluhan ini perlu pula disapaikan nomor pesanna, jenis barang, tanggal
pengiriman barang, keluhan, serta informasi lain yang dirasa penting
disampaikan.
Kali ini, yang kita akan pelajari adalah membuat surat
keluhan bahasa Inggris atau complaining letters. Surat pengaduan bahasa
Inggris karena barang yang diterima dalam keadaan rusak ini bisa dibuat dengan
kosakata yang beragam.
Sebagai referensi, berikut ini terdapat contoh surat
pengaduan bahasa Inggris. Sebelum memasuki contoh surat, akan disajikan pula
beberapa contoh paragraf pembuka dan paragraf penutup dalam bahasa Inggris
untuk complaining letters.
Contoh Opening Paragraph Complaining Letters
- We are sorry to report that one of the cases we received last week was badly damaged.
Kami sangat menyesal untuk
menyampaikan bahwa salah satu peti yang kami terima minggu lalu dalam keadaan
rusak berat.
- We are writing to let you know that case No. … dispatched under your advice of …. Was badly damaged when received.
Kami menulis untuk memberitahukan
Saudara bahwa peti No… yang dikirimkan melalui pemberitahuan Saudara tanggal …
ternyata rusak berat sewaktu kami terima.
Contoh Closing Paragraph Complaining Letters
- We shall be glad to learn that you are prepared to make some allowance for the damage.
Kami sangat senang mendengar
bahwa Saudara bersedia mengganti kerusakan.
- We should be obliged if you could investigate these matters as soon as possible and let us have your comments.
Kami sangat berterima kasih jika
Saudara dapat menyelidiki masalah -masalah ini dan memberi kami bagaimana
tanggapan Saudara.
PT. LINGGAR JATI
Jalan Arjuna Wiwaha B5
No 55
Banjarmasin,
Kalimantan Selatan
------------------------------------------------------------------------
15th October, 2016
Mr. Smith Hegel
Marketing Manager
PT. Gee’s Crafty
11 Jln. Bhayangkara Pusat
Bangka
Dear Mr. Hegel,
Subject : Our Order
No. 111DD
We are sorry to report that seven of the forty- two table
-lamps we ordered from you on 29 August we received yesterday morning, were
badly damaged.
As the package containing the table -lamps appeared to be in
perfect condition, I received and signed for it without any questions. I unpacked
the table -lamps myself with great care and can only assume that the damage
must be due to careless handling at some stage prior to packing.
I shall be glad if you will replace all the damaged table
-lamps. I have put all the damaged table -lamps aside and in case you need them
to support this claim. I’ll send them back to you.
Yours sincerely,
TTD
Yaksa Ramadi
Purchase Department