Berita Acara Penerimaan/ Pengeluaran Barang
Dalam kegiatan tata usaha di kantor, ada banyak hal yang
perlu dikerjakan. Salah satu di antaranya adalah penyusunan berita acara.
Contoh berita acara yang banyak dibuat adalah berita acara serah terima barang
atau berita acara penerimaan / pengeluaran barang.
Lalu, apa yang dimaksud dengan berita acara penerimaan/
pengeluaran barang ini? Berita acara serah terima barang merupakan bukti bahwa
pihak pertama atau yang memberikan barang benar -benar telah menyerahkan barang
yang dimaksud kepada pihak kedua atau pihak yang menerima barang.
Surat ini sangat penting karena dengan adanya berita acara
serah terima barang ini, apabila suatu ketika terjadi permasalahan atau perselisihan
terkait hal tersebut, maka berita acara serah terima barang yang telah dibuat
tersebut dapat menjadi bukti dalam proses penyelesaiannya.
Bagaimana cara membuat berita acara penerimaan / pengeluaran
barang? Berikut ada contoh berita acara serah terima barang yang bisa dijadikan
sebagai rujukan.
BERITA ACARA
PENERIMAAN/ PENGELUARAN BARANG
-------------------------------------------------------------------------------
Nomor : ………………….
Pada hari ini : ……………..…. Tanggal ………………………………….
Bertempat di …………………………………………….
Sesuai dengan surat Pemberian / Permintaan dari : ……………………….
Tanggal ……………………… No. …………………
Telah terjadi penyerahan / pengeluaran barang antara :
1.
|
Nama
|
: …………………………….
|
2.
|
Jabatan
|
: …………………………….
|
3.
|
Alamat
|
: …………………………….
|
Sebagai pihak yang menyerahkan
1.
|
Nama
|
: …………………………….
|
2.
|
Jabatan
|
: …………………………….
|
3.
|
Alamat
|
: …………………………….
|
barang -barang yang diserahterimakan adalah seperti daftar
terlampir.
…………………………………………………………..
setelah diperiksa yang diserahkan oleh pihak ke -3, ternyata
terdapat / tidak terdapat ……………………………………
………….., ……………….
|
|
Yang menerima,
|
Yang menyerahkan,
|
……………………..
|
………………………
|
saksi -saksi pihak ke -3
1. …………………………
2. …………………………