Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berita Acara Penerimaan/ Pengeluaran Barang

Dalam kegiatan tata usaha di kantor, ada banyak hal yang perlu dikerjakan. Salah satu di antaranya adalah penyusunan berita acara. Contoh berita acara yang banyak dibuat adalah berita acara serah terima barang atau berita acara penerimaan / pengeluaran barang.

Lalu, apa yang dimaksud dengan berita acara penerimaan/ pengeluaran barang ini? Berita acara serah terima barang merupakan bukti bahwa pihak pertama atau yang memberikan barang benar -benar telah menyerahkan barang yang dimaksud kepada pihak kedua atau pihak yang menerima barang.

Surat ini sangat penting karena dengan adanya berita acara serah terima barang ini, apabila suatu ketika terjadi permasalahan atau perselisihan terkait hal tersebut, maka berita acara serah terima barang yang telah dibuat tersebut dapat menjadi bukti dalam proses penyelesaiannya.
Bagaimana cara membuat berita acara penerimaan / pengeluaran barang? Berikut ada contoh berita acara serah terima barang yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

BERITA ACARA PENERIMAAN/ PENGELUARAN BARANG
-------------------------------------------------------------------------------
Nomor : ………………….

Pada hari ini : ……………..…. Tanggal ………………………………….
Bertempat di …………………………………………….

Sesuai dengan surat Pemberian / Permintaan dari : ……………………….

Tanggal ……………………… No. …………………
Telah terjadi penyerahan / pengeluaran barang antara :
1.
Nama
: …………………………….
2.
Jabatan
: …………………………….
3.
Alamat
: …………………………….

Sebagai pihak yang menyerahkan
1.
Nama
: …………………………….
2.
Jabatan
: …………………………….
3.
Alamat
: …………………………….

barang -barang yang diserahterimakan adalah seperti daftar terlampir.
…………………………………………………………..
setelah diperiksa yang diserahkan oleh pihak ke -3, ternyata terdapat / tidak terdapat ……………………………………


………….., ……………….
Yang menerima,
Yang menyerahkan,


……………………..
………………………

saksi -saksi pihak ke -3
1. …………………………

2. …………………………