Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Surat Promosi Penjualan

Dalam suatu promosi penjualan, surat juga memegang peranan penting. Dalam hal ini, dikenal juga yang namanya surat promosi penjualan. Pengertian promosi penjualan ini sendiri adalah suatu cara yang dilakukan oleh badan – badan usaha atau orang – orang yang melakukan usaha untuk menarik perhatian masyarakat terhadap sesuatu yang diketengahkan atau diperjual belikan.

Sedangkan yang dimaksud dengan surat promosi penjualan adalah surat yang isinya berguna untuk mempromosikan, memperkenalkan atau menawarkan barang – barang yang hendak dijual.

Baca juga: Contoh Surat Penyesuaian terhadap Pengaduan Kirim Barang

Macam macam promosi penjualan

Terdapat beberapa macam media yang dapat digunakan sebagai promosi penjualan. Berikut ini adalah beberapa macam promosi penjualan yang biasa digunakan :

1. Surat edaran (sirkuler)

Surat edaran atau sirkuler merupakan surat yang dibuat untuk memberitahukan kepada umum atau orang – orang maupun perusahaan tertentu, khususnya mengenai barang produksi baru. Surat edaran ini terdapat dua macam, yakni surat edaran kepada golongan tertentu dan juga surat edaran umum.

2. Iklan (advertensi)

Iklan atau advertensi merupakan susunan kata yang singkat dan menarik yang digunakan dengan maksud untuk menimbulkan keinginan pembaca. Promosi dengan iklan ini dapat disampaikan dalam berbagai jalan, misalnya lewat surat, radio, majalah maupun televisi.

3. Spanduk dan poster

Spanduk merupakan selembar kain yang bertuliskan dengan isi untuk memberitahukan atau memperkenalkan sesuatu kepada khalayak umum.. Sedangkan poster merupakan selebaran yang biasa ditemukan pada tempat – tempat strategis.

4. Papan reklame

Papan reklame merupakan sebuah papan yang berisi gambar menarik dan juga keteangan – keterangannya untuk memancing perhatian yang melihat.

5. Slide dan triller

Slide merupakan sepotong film yang dapat diproyeksikan menjadi gambar pada sebuah layar (bioskop). Sedangkan yang dimaksud dengan triler adalah sepotong film yang dapat diproyeksikan menjadi gambar tidak bergerak pada layar televisi.

6. Pameran

Pameran adalah bentuk atau pun cara promosi penjualan yang dilakukan secara tidak langsung. Cara pameran ini biasanya lebih diarahkan kepada pengolahan pemasaran.

Macam macam iklan berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya, iklan dapat dibedakan ked dalam beberapa bentuk, yakni :
  1. Iklan pengumuman
  2. Iklan penawaran
  3. Iklan propaganda
  4. Iklan pasaran tenaga kerja
  5. Iklan keluarga
  6. Iklan ucapan selamat

Baca juga: Aneka Contoh Alinea Penutup Surat yang Baik

Kalimat promosi penjualan

Dalam promosi penjualan, kalimat memegang peranan yang teramat penting. Kalimat secara umum adalah susunan kata – kata yang mengandung pengertian dan digunakan untuk menyampaikan gagasan, ide, informasi atau pendapat. Sedangkan kalimat dalam promosi penjualan ini diartikan sebagai kalimat yang digunakan oleh orang – orang yang berkecimpung dalam dunia usaha untuk menawarkan barang – barang yang akan dijualnya.

Terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun kalimat promosi penjualan. Kalimat tersebut meliputi:
  1. Kalimat haruslah dibuat hidup
  2. Kalimat harus disampaikan sesuai dengan barang yang sedang dipromosikan
  3. Kalimat harus dapat meyakinkan pembaca agar dapat timbul kepercayaan atas barang yang sedang dipromosikan tersebut
  4. Lebih baik hindari kalimat yang bersifat meragukan
  5. Kalimat tidak boleh terlalu berbelit – belit sehingga membuat pembaca malah merasa bingung
  6. Kalimat akhir promosi penjualan ini haruslah berisi harapan yang kuat agar pembaca mau melakukan tindakan sesuai yang diharapkan.